Google Search

Google

Senin, 25 Juni 2012

Susahnya mencari Tempat Sampah di Jakarta

Budaya bersih adalah budaya mulia yang seringkali hanya menjadi slogan di tengah masyarakat. Getir rasanya ketika kita melihat papan reklame layanan masyarakat tentang anjuran kebersihan namun sarana dan prasarana pendukungnya tidak/kurang tersedia secara merata, akibatnya kebiasaan buruk terus saja berjalan yaitu membuang sampah sembarangan.

Pemerintah Provinsi Jakarta pun telah mengadopsi cara represif ala Negara Singapura dengan membuat sanksi tegas kepada para pembuang sampah sembarangan, lagi-lagi peraturan ini hanyalah MACAN OMPONG saja keras di penulisan peraturannya namun ompong ketika pelaksanaannya. Dikarenakan tidak ada upaya keras pihak pemerintah dalam melaksanakan ketentuan sebagaimana tertuang dalam peraturan tersebut, sama halnya dengan Peraturan sanksi atas penyeberang jalan yang menyeberang tidak pada tempatnya.

Tak bisa dipungkiri sebagian masyarakat sudah mulai sadar akan upaya peningkatan kebersihan lingkungan, namun demikian kesadaran yang sifatnya masih prematur ini akan dengan mudahnya luntur apabila tidak mendapat dukungan yang optimal, contoh kecil nya adalah dengan menyediakan tempat pembuangan sampah yang memadai dan tersebar di berbagai sudut ruang. Pengalaman pribadi saya adalah saya seringkali mengalami kesulitan ketika hendak membuang sampah-sampah kecil semisal bungkus permen atau makanan ketika berada di ruang publik seperti mall, perkantoran, stasiun, terminal dan bandara.

Sepengetahuan saya tempat-tempat sampah tersebut coverage areanya terlalu luas misalnya saja di bandara untuk ruang tunggu keberangkatan saja jumlah tempat sampahnya sangat sedikit, belum lagi di mall ataupun di stasiun, oleh karena ini kami sarankan agar semangat budaya bersih ini tidak LAYU SEBELUM BERKEMBANG, perlu kiranya pemerintah dalam hal ini Pemprov DKI mulai memperbanyak tempat sampah di berbagai sudut ruangan, sehingga semakin mempermudah akses masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya

Tidak ada komentar: